Rabu, 14 November 2012















 


 


                                                                                                                                                                                                                                         

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                   : ..................................
Kelas / Semester                   : VII / 1
Mata  Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi            : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembela-jaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

Besaran dan satuan
o Mencari informasi tentang besaran dan satuannya
o Merumuskan pengertian besaran dan satuan
o Melakukan percobaan dengan menggunakan satuan besaran fisika dalam satuan internasional
o Melakukan percobaan untuk menemukan konversi satuan panjang, masa, dan waktu dengan tangga konversi
o Memecahkan masalah tentang besaran pokok dan besaran turunan
-  Mengindentifikasikan    besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
-   Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
-   Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana

Tes tertulis





Tes tulis


Tes tertulis
PG






Isian



isian
Pasangan besaran fisika yang benar ....
a. berat dan kilogram
b. kecepatan dan kg/jam
c. usaha dan joule sekon
d. massa dan newton

 Satuan panjang dalam SI adalah ....

 Panjang meja 100 cm seta dengan ..... m dan massa 100 gram setara dengan ....... kg

4x40’
Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.2. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya



Suhu dan pengukuran
-   Mencari informasi caramenggunakan termometer
-   Melakukan eksperimen cara membuat termometer sederhana berdasarkan sifat perubahan volum
-   Melakukan percobaan untuk membandingkan termometer Celsius dengan termometer yang lain.
-   Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
-   Membuat  termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume
-   Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain
Tes tertulis

Tes unjuk kerja

Tes tertulis
Isian


Uji petik kerja produk

PG


Untuk mengukur suhu zat adalah ....
Buatlah termometer dengan menggunakan termometer tak berskala, air dan es
  Termometer C menunjuk angka 45 0, ttermometer Fahrenheit menunjuk angka
a. 25           c. 81
b. 57           d. 113
4x40’
Buku siswa, LKS, termometer




v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Pengukuran
·   Melakukan eksperimen dengan satuan baku dan tak baku
·   Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran
-   Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
-   Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran

Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
Ukurlah Panjang dan lebar meja yang kamu gunakan


Pilihlah alat yang sesuai untuk mengukur meja yang ada di hadapanmu
2 x 40’
Buku siswa, LKS, Alat-alat ukur
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                   : ..................................
Kelas / Semester                   : VII / 1
Mata  Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi : 2. Memahami kalsifikasi zat


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan Indikator Pencapaian Kompetensi yang tepat

Asam, Basa, Garam
o Melalui pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam
o Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam
o Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH stik




-   Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan Indikator Pencapaian Kompetensi yang sesuai
-   Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
-   Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan




Tes tertulis







Tes Unjuk kerja


Tes Unjuk kerja
PG








Tes identifikasi



Uji petik kerja prosedur

Berikut ini yangmerupakan
Sifat asam adalah ....
a. bersifat korosif
b. berasa pahit
c. kertas lakmus menjadi
    biru
d. kertas lakmus tidak
    berubah

Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa, dan garan dari bahan-bahan yang tersedia

Tentukan besar, kecilnya keasaman suatu zat dengan menggunakan alat!
4x40’
Buku siswa, LKS, lingkungan sekitar dan alat ukur
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

Sifat asam, basa pada bahan makanan
-       Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan


-       Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu
Tes unjuk kerja



Uji petik kerja prosedur
Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan dengan menggunakan bunga kembang sepatu
2 x 40’
Buku siswa, LKS, alam sekitar
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

Unsur kimia
-       Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya
-       Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya
-       Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
-       Menuliskan nama dan lambang unsur
-        
-       Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
-       Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
Tes tulis

Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis
PG

Tes isian


Tes uraian


PG
Lambang K merupakan nama unsur ....
a. Kalium    c. Karbon
b. Kalor       d. Kalsium
Tuliskan satu nama dan lambang sebuah unsur
Tuliskan satu nama dan rumus kimianya
Rumus kimia asam sulfat adalah ....
a. H2SO4    c. H4SO2
b. HS2O4    d. H4S2O
3 x 40’
Buku siswa, dan referensi
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.4 membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan campuran

Unsur, senyawa dan campuran

-       Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran

-       Mengklasifikasikan materi secara sederhana
-       Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen
-       Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
-       Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
-       Mengelompokkan zat-zat   kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
Tes unjuk kerja

Tes tulis


Tes unjuk kerja
Tes identifikasi


Tes uraian


 Tes identifikasi
Tentukan zat yang bersifat unsur , senyawa, dan campuran dari bahan yang disediakan
 Buatlah  bagan materi secara sederhan

Disediakan macam-macam zat, kelompokkan zat-zat tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran heterogen
3 x 40’
Buku siswa, contoh zat
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

 


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                 : ..................................
Kelas / Semester                 : VII / 1
Mata  Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi          : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Wujud Zat
o Melakukan percobaan perubahan  wujud zat
o Mendiskusikan materi susunan partikel
o Mengamati perbedaan kohesi dan adhesi melalui percobaan
o Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas



-       Menyelidiki perubahan wujud suatu zat
-       Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran
-       Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan

-       Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes Unjuk kerja

Tes tulis
PG


PG


 Uji petik kerja produk

Tes uraian

Hujan merupakan peristiwa ....
a. menguap, mengembun
b. menguap, melebur
c. melebur, mengembun
d. mengembun, melebur
Gaya tarik antar partikel pada zat padat adalah ....
a. sangat kuat
b. kurang kuat
c. tidak tentu
d. selalu berubah
Lakukan percobaan adhesi dan kohesi dengan menggunakan alat dan bahan yang disediakan
JelaskanMengapa pada musim hujan tembok menjadi lembab ?
4x40’
Buku siswa, LKS dan alat-alat praktikum
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari

Pemuaian zat
-       Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas
-       Melakukan percobaan pemuaian zat padat dan zat cair
-       Menganalisis muai volum bebagai jenis zat cair


-       Menyelidiki proses pemuain pada zat padat, cair dan gas
-       Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat
-       Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal
Observasi

Tes Unjuk kerja
 Tes tertulis
Lembar observas

Uji petik kerja prosedur dan produk

 uraian
Menggunakan alat  Muschenbroek untuk mengamati pemuaian zat

Buatlah rancangan percobaan tentang pemuaian zat
Jelaskan cara kerja setrika listrik otomatis....

4x40’
Buku siswa, LKS dan alat-alat praktikum
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 Kalor
-       Melakukan percobaan kalor
-       Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
-       Mencari informati tentang peristiwa mendidih dan melebur
-       Mendiskusikan hubungan antara Energi, massa, kalor jenis dan suhu

-       Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat
-       Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
-       Menyelidiki banyaknya  kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat
-       Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur
-       Menerapkan hubungan
      Q = m.C. ∆t
 Q = m.U dan Q = m.L         untuk meyelesaikan
masalah sederhana
Tes observasi

Tes tertulis


Observasi


observasi

Tes tertulis
Lembar observasi



isian


lembar observasi


Lembar observasi

Uraian
Pengamatan perubahan suhu dan perubahan wujud zat
Salah satu cara mempercepat penguapan yaitu dengan .........

 Pengamatan kenaikan suhu, diperlukan kalor

Pengamatan pada saat mendidih dan melebur diperlukan kalor!

Hitung kalor yang diperlukan bila massa zat, kalor jenis dan kenaikan suhu diketahui
6x40’
Buku siswa, LKS, alat-alat praktikum
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                   : ..................................
Kelas / Semester                   : VII / 1
Mata  Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam
Standar Kompetensi          : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 Membanding-kan sifat fisika dan sifat kimia zat

Sifat fisika dan sifat kimia
-     Melakukan percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia
-     Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
-       Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia

-       Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya

Tes unjuk kerja


Tes tertulis
Tes identifikasi



PG
Buatlah data dari hasil pengamatanmu tentang benda-benda yang mengalami perubahan fisika dan kimia

Perubahan fisika terjadi pada peristiwa ....
a. air menjadi es
b. kertas dibakar
c. nasi menjadi bubur
d. besi berkarat
2x40’
Buku siswa, LKS, alat dan bahan praktikum
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

Pemisahan Campuran
-  Mencari informasi tentang pemisahan campuran
-     Mengamati percobaan tentang penjernihan air

-     Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran
-       Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
-       Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
-       Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan dan sublimasi )
Tes tertulis


Penugasan

Observasi
Isian



Tugas proyek

Lembar observasi
Disediakan bahan-bahan, kemudian pisahkan berdasarkan ukuran partikelnya ....

Lakukan tugas untuk penjernihan air secara sederhana

Rancanglah alat sederhana untuk menjernihkan air

2x40’
Buku siswa, LKS, alat praktikum
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
4.3 Menyimpulkan perubahan  fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana
Perubahan fisika dan perubahan kimia
-       Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan kimia
-       Mrumuskan kesimpulan hasil percobaan  fisika dan kimia
-       Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia
-       Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan
Tes tertulis



Tes unjuk kerja
PG



Uji petik kerja
Gula larut dalam air merupakan perubahan fisika karena ....
a. terjadi zat baru
b. tidak terjadi zat baru
c. gula mencair
d.gula bereaksi
Tunjukkan melalui percobaan perbedaan antara perubahan kimia dan perubahan fisika!
2x40’
Buku siswa, LKS dan alat praktikum
4.4 Mengindentif-ikasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana
Reaksi kimia
-       Melakukan latihan tentang reaksi kimia

-       Mendiskusikan hasil kesimpulan tentang reaksi kimia
-       Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu
-       Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu
Tes tertulis


Tes tertulis
Isian


Uaian
Bila Asam sulfat dicampur dengan Natrium Hidroksida akan berubah warna menjadi ....
Buatlah kesimpulan tentang reaksi kimia berdasarkan perubahan warna

2x40’
Buku siswa
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)












Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam



( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................

 

 




 





 

 









SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                   :  ..................................
Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : VII / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar

 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik

Gejala Alam Biotik dan Abiotik
o  Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan pada objek biotik di lingkungan sekitar
o  Melakukan pengamatan gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan sekitar
o  Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar
o  Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar
-       Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  abiotik melalui pengamatan
-       Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  biotik melalui pengamatan


Observasi



Tes Tulis
Lembar observasi


PG




Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik?
a. bau
b. tumbuh
c. warna
d. ukuran

2 x 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Gerak
o  Melakukan percobaan gerak lurus beraturan
o  Melakukan percobaan tentang gerak lurus berubah beraturan
o  Mengapllikasikan GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari
o  Mencari informasi melalui referensi tentang konsep percepatan
-       Menemukan persamaan laju yang ditempuh

-       Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan  sehari-hari
-       Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu

-       Menyelidiki  GLBB dipercepat beraturan

-       Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari

Tes tulis


Testulis


Tes tulis




Tes tulis


Tes tulis
PG


isian


Uraian




Isian


Isian
Ciri GLB memiliki kecepatan ....
a. dipercepat
b. tetap
 c. diperlambat
d. beraturan
Sebuah benda dilempar vertikal keatas merupakan GLBB .....
Tuliskan dalam lambang bahwa percepatan merupakan kecepatan setiap satuan waktu
Contoh Gerak lurus berubah beraturan dipercepat adalah .....
Seorang pengendara mobil melintas di jalan tol merupakan konsep ....

3 x 40’
Buku siswa, LKS, referensi

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan

Mikroskop
o Mengidentifikasi bagian-bagian mikroskop
o Mengamati preparat jadi dengan menggunakan mikroskop
o Membuat  preparat basah


-       Mengenal bagian-bagian mikroskop
-       Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis)
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes identifi-kasi

Uji petik kerja prosedur
Tentukan dan sebutkan nama-nama bagian mikroskop!

Amati preparat basah atau preparat jadi yang sudah tersedia hingga ditemukan objek yang dimaksud!
3 x 40’
Buku siswa, mikroskop, preparat

5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

Keselamatan Kerja
o Mencari informasi melalui referensi tentang keselamatan kerja
o Studi pustaka tentang alat bahan-bahan yang berbahaya dalam pengamatan gejala alam
-       Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara ama

-       Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit

-       Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium

Tes unjuk kerja


Tes tulis




Tes tulis
uji petik kerja produk

PG




PG
Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakuakan mikroskop!
Manakah bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit yang dapat diitemukan di laboratirium?
a. air
b. asam sulfat
c.  alkohol
d.  larutan   glukose

Apakah arti simbol di bawah ini?
 



a. bahan yang mudah terbakar
b. bahan yang beracun
c. alat mudah pecah
d. alat mudah mengalami korosi
2 x 40 ’
Buku siswa, Carta bahan berbahaya dan alat-alat praktektikum
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                   :  ..................................
Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : VII / 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

Ciri-ciri makhluk hidup
o   Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
o   Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup
o   Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia
·  Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup

·  Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi

·  Membedakan ciri tumbuhan dan hewan
Tes tertulis


Tes kinerja



Tes tertulis
PG


Ter unjuk kerja produk


Uraian


Berikut ini ciri yang bukan hanya dimiliki oleh mahluk hidup yaitu ...
a. tumbuh membesar
b. memerlukan sumber energi
c. memerlukan oksigen untuk pembakaran
d. beradaptasi terhadap lingkungan*
Pilihlah tiga  mahluk hidup yang ada di sekitar dan lidentifikasilah ciri-cirinya minimum 4 ciri, dan buatlah laporannya!
Manakah di antara ciri-ciri mahluk hidup yang dapat dipakai untuk membedakan hewan dan tumbuhan?
2 x 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki

Klasifikasi Makhluk hidup
o   Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme
o   Mengelompokkan organisme yang memliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu
o   Mencari informasi melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
o   Melakukan klasifikasi klsifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki
·  Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya

·  Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup

·  Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom

·  Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati

Ter tertulis





Tes tertulis



Tes tertulis




Tes unjuk kerja
PG





Uraian



Uraian




Uji petik  kerja produk
Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu
a. kepala
b. kulit
c. alat gerak*
d. ekor
Apa sajakah keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian makhluk hidup?

Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya!

Dari gambar hewan yang sudah tersedia klasifikasikan berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya!
4 X 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
Organisasi Kehidupan
o   Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop
o   Melakukan identifikasi organ-organ pada manusia dan tumbuhan
o   Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel, jaringan, organ dan sistem organ

·  Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
·  Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya
·  Mendeskripsikan  keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
·  Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
Tes unjuk kerja produk


Tes tertulis



Tes tertulis




Tes tertulis
Uji petik kerja produk



Uraian



Uraian




Uraian

Deskripsikan keragaman bentuk sel berdasarkan hasil pengamatan preparat awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop!

Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun!

Amatilah bunga ”Kembang Sepatu” dan kemukakan apa saja nama organ penyusunnya!

Kemukakan jaringan penyusun organ daun yang paling banyak mengandung klorofil!

4 X 40’
Buku siswa, preparat, LKS

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                   :  ..................................
Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                   : VII / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
 Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Menentukan ekosistem  dan saling hubungan antara komponen ekosistem

Ekosistem
o   Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem
o   Menggali informasi dari nara sumber/melihat tayangan video tentang komponen suatu satuan ekosistem yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem danau)
o   Membuat beberapa model diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan
·    Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
·    Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem

Observasi




Tugas
Lembar observasi



Tugas proyek
Gambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati! Lakukan dalam bentuk kerja kelompok! Presentasikan di depan kelas pada saat yang ditetapkan!

4 x 40’
Buku siswa, lingkungan, LKS
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
7.2 Mengindentifi-kasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

Keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
o   Mencari informasi melalui studi pustaka untuk merumuskan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
o   Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
·    Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka

·    Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi
·    Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka

·    Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi

Tes tulis


Tes lesan



Tes tulis




Penugasan
Isian


Daftar pertanyaan


PG





Tugas rumah



Makhluk hidup dinyatakan tergolong langka apabila ....

Sebutkan 2 contoh hewan langka di P. Jawa!

Salah satu alasan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka supaya ....
a. terjaminnya ketersediaan plasma nutfah
b. jumlah tumbuhan dan hewan tidak berkurang
c. menambah keindahan alam
d. memutus kelangsungan daur hara yang ada di alam 

Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi Buatlah karangan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi
4 X 40’
Buku siswa, buku acuan, LKS
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan

Kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan
o   Studi pustaka untuk merumuskan konsep kepadatan populasi
o   Mengkaji hubungan kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan melalui tayangan dan/atau gambar.

·    Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih

·    Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan

·    Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan

·    Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan

Tes tulis




Tes tulis




Tes tulis


Tes tulis
Isian




Isian




isian


uraian
Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan air bersih akan ......................

. Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat maka kebutuhan pangan akan ......................

Jika populasi penduduk meningkat dengan cepat  maka ketersediaan lahan akan .....................

Kemukakan kemungkinan kerusakan lingkungan yang dapat terjadi jika populasi penduduk terus meningkat
2 X 40’
Buku siswa, buku acuan, video, film, gambar,  LKS
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia
o   Studi pustaka untuk merumuskan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran.
o   Melihat gambar dan/atau tayangan tentang aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan

o   Merumuskan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan derajat aktifitas manusia
·    Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
·    Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya.

·    Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan
Tes tulis






Tes tulis






Penugasan
PG






Uraian






Tugas rumah
Berikut ini yang tidak ada hubungannya dengan penebangan hutan adalah ....
a. menurunnya ketersediaan kayu
b. meningkatkan suhu udara secara global
c. menurunnya ketersediaan air tanah
d. meningkatknya kandungan oksigen di udara
Kemukakan upaya yang harus dilakukan agar pencemaran terhadap air sumur dapat ditekan serendah-rendahnya
Buatlah suatu artikel untuk menanggulangi pencemaran lngkungan. Silahkan memilih topiknya, dapat berkait dengan pencemaran udara, pencemaran tanah, atau pencemaran air! 

4 X 40’
Buku siswa, buku acuan, video, film, gambar,  LKS
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam



( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................

 



 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar